Minggu, 21 Juni 2009

SEJARAH KERAJAAN ISLAM

Kerajaan Islam di Indonesia diperkirakan kejayaannya berlangsung antara abad ke-13 sampai dengan abad ke-16. Timbulnya kerajaan-kerajaan tersebut didorong oleh maraknya lalu lintas perdagangan laut dengan pedagang-pedagang Islam dari Arab, India, Persia, Tiongkok, dll. Kerajaan tersebut dapat dibagi menjadi berdasarkan wilayah pusat pemerintahannya, yaitu di Sumatera, Jawa, Maluku, dan Sulawesi.


KERAJAAN ISLAM YANG ADA DI SUMATRA



1)Kerajaan Samudera Pasai

Kerajaan Samudra Pasai tercatat dalam sejarah sebagai kerajaan Islam yang pertama.Mengenai awal dan tahun berdirinya kerajaan ini tidak diketahui secara pasti. Akan tetapi menurut pendapat Prof. A. Hasymy, berdasarkan naskah tua yang berjudul Izhharul Haqyang ditulis oleh Al-Tashi dikatakan bahwa sebelum Samudra Pasai berkembang, sudahada pusat pemerintahan Islam di Peureula (Perlak) pada pertengahan abad ke-9.Perlak berkembang sebagai pusat perdagangan, tetapi setelah keamanannya tidak stabilmaka banyak pedagang yang mengalihkan kegiatannya ke tempat lain yakni ke Pasai,akhirnya Perlak mengalami kemunduransi.





KERAJAAN ISLAM YANG ADA DI JAWA


2)Kerajaan Demak

Demak pada masa sebelumnya sebagai suatu daerah yang dikenal dengan nama Bintoroatau Gelagahwangi yang merupakan daerah kadipaten di bawah kekuasaan Majapahit.Kadipaten Demak tersebut dikuasai oleh Raden Patah salah seorang keturunan RajaBrawijaya V (Bhre Kertabumi) yaitu raja Majapahit.Dengan berkembangnya Islam di Demak, maka Demak dapat berkembang sebagai kotadagang dan pusat penyebaran Islam di pulau Jawa. Hal ini dijadikan kesempatan bagiDemak untuk melepaskan diri dengan melakukan penyerangan terhadap Majapahit.Setelah Majapahit hancur maka Demak berdiri sebagai kerajaan Islam pertama di pulauJawa dengan rajanya yaitu Raden Patah. Kerajaan Demak secara geografis terletak diJawa Tengah dengan pusat pemerintahannya di daerah Bintoro di muara sungai Demak,yang dikelilingi oleh daerah rawa yang luas di perairan Laut Muria. (sekarang Laut Muriasudah merupakan dataran rendah yang dialiri sungai Lusi).Bintoro sebagai pusat kerajaan Demak terletak antara Bergola dan Jepara, di manaBergola adalah pelabuhan yang penting pada masa berlangsungnya kerajaan Mataram(Wangsa Syailendra), sedangkan Jepara akhirnya berkembang sebagai pelabuhan yangpenting bagi kerajaan Demak.

KERAJAAN DEMAK


3)Kerajaan Banten

ujung barat pulau Jawa yaitu Banten dan Sunda Kelapa dapat direbut oleh Demak, dibawah pimpinan Fatahillah. Untuk itu daerah tersebut berada di bawah kekuasaan Demak.Setelah Banten diislamkan oleh Fatahillah maka daerah Banten diserahkan kepadaputranya yang bernama Hasannudin, sedangkan Fatahillah sendiri menetap di Cirebon,dan lebih menekuni hal keagamaan.Dengan diberikannya Banten kepada Hasannudin, maka Hasannudin meletakkan dasardasarpemerintahan kerajaan Banten dan mengangkat dirinya sebagai raja pertama,memerintah tahun 1552 – 1570.Lokasi kerajaan Banten terletak di wilayah Banten sekarang, yaitu di tepi Timur SelatSunda sehingga daerahnya strategis dan sangat ramai untuk perdagangan nasional.Pada masa pemerintahan Hasannudin, Banten dapat melepaskan diri dari kerajaanDemak, sehingga Banten dapat berkembang cukup pesat dalam berbagai bidang.


Silsilah Raja-raja Banten

1. Sultan Hasannudin (1552 – 1570)

2. Panembahan Yusuf (1570 – 1580)

3. Maulana Muhammad (1580 – 1596)

4. Abulmufakir (1596 – 1640)

5. Abumaali Achmad (1640 – 1651)

6. Sultan Abdul Fatah/Sultan Ageng Tirtayasa (1651 – 1682)

7. Abdulnasar Abdulkahar/Sultan Haji (1682 – 1687)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar